Langkah awal jadi seorang desainer grafis

     LANGKAH AWAL JADI SEORANG DESAINER GRAFIS
Assalamualaikum Wr.wb

Salam desainer grafis.

Anda ingin belajar desainer grafis? Dan anda tertarik dengan dunia desainer? Tapi anda seorang pemula? TENANG, disini kami hadir untuk anda yang ingin belajar desainer grafis dengan mudah dan cepat.
Ada beberapa karakteristik yang bisa membuat kamu menjadi desainer grafis yang hebat.


1.RASA INGIN TAHU YANG BESAR
Untuk menjadi seorang desainer grafis kamu harus memiliki rasa ingin tahu yang besar.karna itu akan mempercepat proses belajar kamu.d dunia kamu tidak akan bisa berjalan jauh jika tidak memiliki rasa ingin tahu.juga harus banyak mencoba hal baru.

2.GAIRAH
Jika kamu ingin menjadi seorang desainer grafis,kamu harus memiliki gairah untuk terus maju dan menghadapi situasi yang melelahkan,karna dalam pekerjaan desainer grafis atau projeck relatif memakan waktu yang banyak dan lama.

3.OPEN MINDED
Jika kamu belum terlalu banyak mencoba ha baru,maka open minded karakter yang begitu penting bagi kamu.selain itu kamu juga dapat menerima kritik dengan cara sehat sehingga kemampuan mu bertumbuh pesat.

4.PROBLEM SOLVING & RELIABILITY
Selain menginginkan telenta dan bakat yang bagus, seorang klien juga mencari seseorang yang tepat dan pas untuk dapat mereka percayai bahwa kamu adalah seorang desainer grafis,untuk itu kamu harus bisa mengerti tentang keinginan klien agar mereka puas dengan hasil akhir, sekarang ini banyak desainer grafis mengerti tentang trend desain,tapi mereka gagal mengerti kebutuhan kliean,dan hasilnya mereka tidak ingin lagi bekerja sama dengan anda,mereka merasa percuma menghabiskan uang banyak untuk membayar desain tapi hasilnya sama sekali tidak memuaskan.dan itu jangan sampai terjadi pada anda.



Selain karakteristik, seorang Desainer grafis juga membutuhkan software yang bisa dimanfaatkan untuk membuat Desainer grafis tersebut,berikut ada beberapa software yang bisa anda gunakan

1. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah software yang banyak digunakan di dunia desain grafis.di Adobe Photoshop ada beberapa keunggulan seperti memanipulasi fto, mengganti layar belakang atau background, menghasilkan gambar 3D dan juga lain lain.
Awal nya juga kamu akan merasa kesulitan,tapi kamu juga harus bersabar untuk dapat menguasai Adobe Photoshop ini.

2. Adobe illustrator
Untuk Adobe illustrator, memiliki kelebihan khusus untuk membuat desain vektor.di Adobe illustrator desain apapun bisa di buat,selama itu adalah vektor, seperti ikon,logo, ilustrasi dan lain lain.

3. Adobe in-design
Adobe ini memiliki keunggulan agar bisa membuat layout dimulai dari yang sederhana seperti brosur,flyer,kartu nama hingga layout kompleks seperti majalah, dan ketegori buku lainya yang memiliki banyak halaman.

4. CorelDRAW
Karena sama sama dirancang membuat gambar vektor CorelDraw fungsinya hampir mirip dengan Adobe illustrator.File dari Corel juga bisa di eksplor ke Adobe illustrator.



Untuk menjadi seorang desainer grafis kamu harus selalu dituntut untuk kreatif.bagaimsna pun kondisi mu saat itu, atau mungkin perasaan sedang tidak terkontrol.seorang desainer grafis tidak mengenal itu semua. Bagi anda seorang desainer grafis sangat perlu meningkatkan kemampuan yang anda miliki saat itu.atau mungkin juga Anda seorang pemula.
Berikut ini ada tips untuk seorang desainer grafis agar memperkuat kreativitas dan menambah ilmu yang anda miliki.

1. Wawancara desainer grafis baru
Kamu harus sering bertanya kepada desainer grafis yang lain,agar kamu mendapat pengetahuan baru dan pengalaman menakjubkan.

2. Ikuti seminar
Jika sedang ada seminar diadakan,cobalah kamu untuk ikut gabung dengan seminar itu, pasti kamu akan mendapat pelajaran baru,juga menambah pengalaman.

3. Beli buku
Ada istilah "buku adalah jendela dunia" bagi kamu seorang desainer grafis, bacalah buku tentang Desain untuk menambah pengetahuan.biasakan dalam 1 bulan anda dapat menyelesaikan bacaan buku tentang desain itu.

4. Baca blog
Tidak hanya dari buku, seorang desainer grafis juga perlu menambah ilmunya dari cara lain, seperti membaca blog milik orang lain,dan kamu juga jangan malu atau gengsi untuk belajar dari orang lain.

5. Buatlah blog desain
Sudah sering membaca buku? Juga membaca blog orang lain? Sekarang cobalah kamu untuk membuat blog sendiri,cantumkan hasil karya mu sebanyak mungkin,disana juga orang lain dapat melihat hasil karya mu,siapa tau ada sebuah perusahaan yang tertarik dengan salah satu desain yang kamu buat.

6. Menjadi kolektor
Jika sedang d jalan kamu menemukan sebuah brosur,poster atau sebuah desain, bawalah pulang untuk d jadikan ide tambahan atau sebagai inspirasi bila pikiran kamu sedang buntu atau tidak bisa berfikir jernih. Hal itu juga bisa meningkatkan kemampuan kamu sebagai desainer grafis.

7. Ambil foto
Jika kamu merasa malu untuk membawa poster atau brosur ke rumah,kamu juga bisa membawa nya dengan cara lain yang lebih mudah, cukup dengan kamu memotret nya maka kamu sudah dapat mengumpulkan desainer grafis milik orang lain untuk d jadian ide inspirasi untuk kamu, ini juga tidak membutuhkan handphone yang bagus,jadi tidak terlalu ribet.

8. Mengikuti kelas desain
Masih merasa tidak cukup dengan tips tips d atas,kamu juga bisa masuk kelas tentang Desainer grafis agar kamu bisa lebih hebat lagi dan bisa menambah ilmu juga wawasan.

9. Lakukan perjalanan
Jika ada waktu luang atau juga memiliki data yang cukup, cobalah sekali kali untuk melakukan perjalanan ke luar negeri atau bisa juga ke luar kota, di sana pasti kamu akan melihat budaya budaya dan juga karya seni dari negara atau kota lain, dengan melakukan perjalanan itu kamu pasti akan dapat membuka pikiran dan menambah wawasan tentang dunia.


Dari tips d atas, tidak begitu sulit bukan untuk kamu menambah pengetahuan dan kemampuan tentang Desainer grafis? Jika kamu trus berusaha untuk menjadi seorang desainer maka kamu pasti akan mendapatkan nya selagi kamu berusaha dengan sungguh sungguh.

Jangan menyerah dan tetap semangat,desainer!

Share this

Related Posts

Latest
First